Upaya Preventif, Mutu, Kepuasan Dan Loyalitas Ibu Hamil Terhadap Minat Kunjungan Ulang di Klinik Abdi Persada Banjarmasin

Nur Cahyani Ari Lestari

Abstract


Upaya preventif dalam kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan merupakan salah satu ukuran dari kepuasan pasien dan loyalitas pasien yang mempengaruhi keinginan pasien untuk melakukan kunjungan ulang kembali terhadap penyedia jasa layanan kesehatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung serta besaran antara upaya preventif, mutu pelayanan kepuasaan dan loyalitas ibu hamil terhadap minat kunjungan ulang ibu hamil di Klinik Abdi Persada Banjarmasin Tahun 2018. Penelitian ini, menggunakan metode cross sectional. Populasinya adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Klinik Abdi Persada Banjarmasin. Sampel penelitian ini berjumlah 90 orang ibu hamil. Penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Model menggunakan Smart PLS 2.0 dan SPSS 18. Hasil pengujian hipotesis dengan Structural Equation Model (SEM) dengan metode smartPLS menghasilkan temuan penelitian yaitu upaya preventif (24,56%), mutu pelayanan (26,89%), kepuasan (8,13%) dan loyalitas (38,33%). Loyalitas ibu hamil merupakan faktor dominan yang mempengaruhi minat kunjungan ulang ibu hamil di Klinik Abdi Persada Banjarmasin. Model - Model hasil analisis dapat menjelaskan 99,9% keragaman data dan mampu mengkaji fenomena yang dipakai dalam penelitian, sedangkan 0,1% dijelaskan komponen lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara upaya preventif, mutu pelayanan, kepuasan dan loyalitas tehadap minat kunjungan ulang ibu hamil. Sarannya sebagai masukkan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada ibu hamil dalam pemeriksaan kehamilannya sehingga memberikan kepuasan ibu hamil agar dapat berkunjung kembali.

Kata Kunci: Preventif, Mutu Pelayanan, Kepuasaan, Loyalitas, Kunjungan Ulang

Full Text:

PDF

References


Sari, I.D.Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogyakarta: Miitra Medika Press; 2012

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 756/MENKES/SK/VI/2004 tentang Persiapan Liberalisasi Perdagangan dan Jasa di Bidang Kesehatan yaitu perlindungan konsumen. [Diunduh pada tanggal 5 April 2015 http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/sehat/Perlindungan-KonsumenKesehatan1.pdf.

Saifudin, Abdul Bahri. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka;2012.

V, Gaspersz. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama; 2015.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Standar Pelayanan Asuhan Antenatal Care. Jakarta: Depkes RI; 2009

Lupiyoadi, R. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat; 2015

Green, W. Lawrence, Kreuter. W, Marshall. Health Promotion Planning An Education And Enviromental Approach. New Jersey: Mayfield Publishing Company;2000

Supranto, J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta; 2011.

Prastiwi, EN, Ayubi, D. 2011. Hubungan Kepuasan Pasien Bayar dengan Minat Kunjungan Ulang di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi Tahun 2010. Jurnal kesehatan, 2011. Juni Vol. 12 No 1. [Diunduh tanggal 10 April 2015 available from:http://journal.ui.ac.id/health/article/download/288/284.]; 2011

Tjiptono, Fandy.Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset; 2017

Latan, H. Structural Equation Modeling Konsep dan Aplikasi Menggunakan Program LISREL 8.80, Bandung: Alfabeta;2012.

Priyo Hastono, Sutanto. Modul Analisis Data, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok;2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D. cetakan ke 7. Bandung : CV Alfabeta;2015.

Ghozali, I. Structural Equation Modeling Teori Konsep dan Aplikasi dengan Program LISREL 8.80, Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogor;2012.

Notoatmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan teori dan Aplikasinya. Cetakan 1. Jakarta; Rineke Cipta. 2011.

Safitri Novira M. Hubungan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pasien Untuk Berobat Kembali Di Unit Rwat Jalan Rumah Sakit Juwita Bekasi Tahun 2011.Tesis. Program Pascasarjana Universitas Indonesia;2011

Lupiyoadi, R. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat;2011.

Azwar, A. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan; 2016

Nasution. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia;2014.

Rohmani A, Angraini MT. Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Minat Pasien Dalam Pemanfaatan Ulang Pelayanan Kesehatan Pada Praktek Dokter Keluarga. Jurnal Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. ISBN: 978-602-18809-0-6 [Diunduh 10 April 2015 http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/507/556; 2012.

Fitriani, Sri. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi Tahun 2014. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Diunduh tanggal 12 April 2015 http://eprints.ums.ac.id/31410/14/2_NASKAH_PUBLIKASI.pdf.]; 2014

Hurriyati, Ratih. “Bauran Pemasaran dan loyalitas Konsumen”. Bandung: Alfabeta;2005.

Muchlasin.Analisis Pengaruh Kompetensi Interpersonal Perawat terhdadap Persepsi Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Batang. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro; 2004




DOI: https://doi.org/10.37430/jen.v2i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JEN(JOURNAL EDUCATIONAL OF NURSING)



 

Journal Educational Of Nursing is Indexed By:

 

Lisensi Creative Commons

Journal Educational Of Nursing is distributed under a   Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Internasional.

View My Stats