Hubungan Kemampuan Komunikasi Terapeutik dan Lingkungan Dengan Kepuasan Pasien di IRNA A RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta

Lilis Kamilah

Abstract


Komunikasi terapeutik memegang peranan sangat penting dalam membantu memecahkan masalah yang sedang dihadapi pasien dan meningkatkan keselamatan pasien. Pasien akan merasa puas jika pelayanan kesehatan yang di berikan rumah sakit sesuai dengan harapannya. Tujuan peneliltian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan komunikasi terapeutik dan lingkungan dengan kepuasan pasien di IRNA A RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu kemampuan komunikasi terapeutik dan lingkungan, variable depedennya adalah kepuasan pasien dan variabel lcounfounding (umur, jenis kelamin, pendidikan dan lama dirawat). Desain penelitian dengan menggunakan pendekatan‘Cross Sectional”. Jumlah sampel sebanyak 80 orang, uji statistik yang di gunakan untuk analisis bivaria tadalah “Chi Square“sedangkan analisis multivariat menggunakan “Regresi Logistik”. Karakteristik responden adalah berusia lebih dari 30 tahun sebanyak 66,3%, jenis kelamin perempuan 51,3%, berpendidikan rendah (SD,SMP dan SMA) 71,3% dan lama perawatan lebih dari 3 hari 66,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dengan p value 0,011 dan ada hubungan yang signifikan antara lingkungan dengan kepuasan pasien nilai p value 0,015. Variabel yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien adalah kemampuan komunikasi terapeutik dengan nilai Exp (B) 8.787. Saran peneliti dengan meningkatkan kemampuan komunikasi terapeutik pada perawat yang menjadi critical skiil dan memberikan lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif akan menunjang tercapainya pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien

Kata Kunci:Komunika Siterapeutik, Kepuasan Pasien, Lingkungan

Full Text:

PDF

References


A.C Rorie, Priscylia, dkk. (2014) . Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap IRNA A. RSUP.Dr.R.D.Kandou Manado :Manado: PSIK Universitas Sam Ratulangi.

Akbar,Patrisia. dkk. (2013) . Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makasar. :Makasar: FKM. Universitas Hasanudin

Anjaryani,Wike. (2009) . Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. : Diunduh http//eprints undip.ac.id pada tanggal 4 Aporil 2016.

Arikunto,S.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Arwani. (2003). Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta : EGC

Boy S, Sabarguna. (2008). Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit, Jakarta: CV Sagung Seto.

Campbell, Thomas dan Auerbach,Stephen .(2007). Relationship of Interpersonal Behavior and Health Realated Control Appraisl to Patient Satisfaction and Compliance in a University Health Care.Journal of American College Health, Vol 55,No 6. Di unduh melalui http//search.proquest.com pada tanggal 10 Agustus 2016

Depkes RI.(2005). Indikator Kinerja Rumah Sakit. Jakarta : Depkes.

Hastono, Sutanto Priyo. (2007). Basic Data Analysis For Health Research Training. FKM-UI.

Hayes,Eileen. (2007). Nurse Practitioner and Manager Care : Patient Satisfaction and Intention to adhere to nurse Practitioner plan of care. Journal of American Academy of Nurse Practitioner. Diunduh melalui http//search.proquest.com pada tanggal 10 Agustus 2016

Hidayat,Azis Alimul. (2008). Metode Penelitian dan Tehnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika

Huber,D. (2010 ). Leadershep & Nursing Care Management, Fourth edition.USA : Saunder ,Elsevier Inc.

Keliat,B.A. (2002). Hubungan Terapeutik Perawat – Klien. Jakarta: EGC

Kozier,(2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Edisi 7. Jakarta : EGC.

Nasir, Abdul,dkk (2011) , Komunikasi Dalam Keperawatan Teori Dan Aplikasi, Jakarta : Salemba Medika

Nurhasanah,Nunung, (2009), Ilmu Komunikasi Dalam Konteks Keperawatan, Jakarta : Trans Info Media

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika

Notoatmojo, Soekidjo.( 2012). Metodologi Penelitian Kesehatan Jakarat : Rineka Citra

Pohan. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar – Dasar Pengertian dan Penerapan .Jakarta : EGC

Potter, Perry. (2010). Fundamental Of Nursing.Singapura : Mosby Elsevier

Robbin,S.P.(2013). Perilaku Organisasi. Klaten : Pt.Index Kelompok Gramedia

Sabri, Luknis dan Hastono ,Sutanto Priyo. (2006) Statistik Kesehatan, Jakarta, PT Raja Grafindo

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya manusia dan produktivitas kerja. Bandung : CV.Mandar Maju

Sudarta,I Wayan .(2015). Managemen Keperawatan : Penerapan Teori Model dalam Pelayanan Keperawatan.Yogyakarta : Gosyen Publishing

Sudarni,Dwi. (2009). Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien terhadap Mutu Layanan Rawat Inap di RSUD Waled Cirebon. Diunduh melalui http//lontar .ui.ac.id pada tanggal 1 Agustus 2016

Suryani.(2006). Komunikasi Terapeutik, Teori dan Praktik. Jakarta : EGC

Webster,Debra. (2013). Promoting Therapeutic Communication and Patient Centered Care Using Standardized Patient . Journal of Nursing Education, Vol 52, No 11. Diunduh melalui http//search.proquest.com pada tanggal 10 Agustus 2016.

Zeithaml,V & Pasuraman ,A.(2004 ), Service Quality. Marketing Science Institute




DOI: https://doi.org/10.37430/jen.v2i1.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JEN(JOURNAL EDUCATIONAL OF NURSING)



 

Journal Educational Of Nursing is Indexed By:

 

Lisensi Creative Commons

Journal Educational Of Nursing is distributed under a   Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Internasional.

View My Stats