Pengaruh Stimulasi Tumbuh Kembang Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah di Raudhatul Athfal An-Nur Jagakarsa, Jakarta Selatan

Aisyiah Aisyiah

Abstract


Stimulasi perkembangan sangat penting untuk anak, stimulasi perkembangan pada anak harus sesuai dengan tugas perkembangannya.Orang tua dapat memantau dan menstimulasi perkembangan sesuai dengan usianya. Stimulasi yang cukup dalam kuantitas dan kualitas sejak awal juga dibutuhkan oleh bayi dan anak untuk perkembangan mental psikososialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimulasi tumbuh kembang terhadap perkembangan anak. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimental One Group dengan Pre test-post test design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian stimulasi tumbuh kembang anak terhadap perkembangan anak usia prasekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden yaitu anak di damping oleh orangtua, teknik pengambilan sampel menggunakan kriteria inklusi. Berdasarkan analisis pada penelitian ini terdapat pengaruh karena hasil pre test dan post test terdapat penurunan dan peningkatan yang berarti intervensi yang dilakukan oleh peneliti berhasil karena nilai p value =0.000 atau p value<0,05 yang berarti terdapat pengaruh terhadap peningkatan perkembangan anak di Raudhatul Athfal An-Nur Jagakarsa, Jakarta Selatan sebelum dan setelah diberikan intervensi. Diharapkan kepada perawat dan orang tua agar dapat selalu memberikan stimulasi kepada anak usia prasekolah agar perkembangannya sesuai dengan tahapan tumbuh kembang usianya.

Kata Kunci : Anak Usia Prasekolah, Perkembangan, Stimulasi Tumbuh Kembang

Keywords


Anak Usia Prasekolah, Perkembangan, Stimulasi Tumbuh Kembang

Full Text:

PDF

References


Andriana, D., 2011, Tumbuh Kembang &Terapi bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika: 2011

Ariyana, D. R,.2009. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan

Anak dengan Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 7 Semarang. Jurnal Penelitian, vol. 2, no 2, hal 11-20., Diakses pada 22 November 2017. dari http://jurnal.unimus.ac.id/ index.php/FIKkes/articel/view/235/244

Azizah, N.N., 2012, Gambaran Stimulasi Perkembangan oleh Ibu terhadap Anak Usia Prasekolah di TKIT Cahaya Ananda Depok. Skripsi. Depok, Universitas Indonesia

Dwi, E., 2016 , Perbandingan Hasil Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah Antara Metode Pemeriksaan KPSP dengan Denver II di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Metro.Skripsi Universitas Bandar Lampung., Diakses 1 Desember 2017 dari http://digilib.unila.ac.id/ 21562/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Departemen Kesehatan RI, 2010, Pedoman Penatalaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar ,Jakarta, hal 1-3

Fadlayana, E., 2013, Pola Keterlambatan Perkembangan Balita di Daerah Pedesaan dan Perkotaan Bandung serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Sari Pediatri, hal 75-168

Hidayat, A.A.A ., 2008 , Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan, Salemba Medika, Jakarta, hal 25-26

Hidayat, N 2009, Hubungan Tingkat Pemahaman Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Tingkat Kesesuaian Penggunaan Metode Pendidikan Anak Pada Pendidik Wanita di Bantul Yogyakarta , Jurnal Pusat Studi Wanita, vol XIII, no 2, hal 53.

Kania, N., Stimulasi Tumbuh Kembang Anak untuk Mencapai Tumbuh Kembang yang Optimal. Diakses pada tanggal 26 November 2017 dari http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2010/02/stimulasi_tumbuh_kembang_anak_optimal.pdf;2016

Kusbiantoro, D., 2015, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-kanak ABA 1 Lamongan. Skripsi STIKES Muhammadiyah Lamongan, diakses 20 Desember 2017 dari http://stikesmuhla.ac.id/wp-content/uploads/jurnalsurya/jurnal%20April %20Vol.07%20No.01%20April%202015%20Pdf/84-91%20jurnal%20apri l%202015%20Dadang.pdf

Marwah, S., 2012, Pengaruh Bermain Aktif Terhadap Perkembangan Sosial Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK Mawar Kabupaten Gowa.Skripsi Universitas Islam Makassar, diakses 29 Desember 2017 dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3188/1/Marwah%20Saleh.pdf

Patmonodewo, S., 2003, Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Papalia, D.E., 2003, Human Developmant (psikologi perkembangan), edisi ke 2. Jakarta: Kencana

Rini ID., 2011, Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Bicara dan Bahasa serta Stimulasinya pada Anak Usia Dini di RW 09 Kelurahan Tugu Depok. Depok : Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Soetjiningsih, 2005, Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Balai Penerbit Buku Kedokteran EGC, hal 1-36

Susanty, Anne. Fadlyana, Eddy. Nataprawira, HM. 2014 Manfaat Intervensi Dini Anak Usia 6-12 Bulan dengan Kecurigaan Penyimpangan Perkembangan. Majalah Kedokteran Bandung (MKB), Volume 46 No. 2, Diakses 20 Desember 2017 dari http://journal.fk.unpad.ac.id/index.php/mkb/article/view/275/pdf_131

Sri, M,. 2012, Pengaruh Penyuluhan Kesehatan tentang Stimulasi Perkembangan terhadap Praktik Ibu dalam Stimulasi Perkembangan Anak Usia 2-3 tahun di Desa Podosoko Sawangan Magelang. Skripsi STIKES Aisyiyah Yogyakarta, Diakses 29 Desember 2017 dari http://digilib.unisayogya.ac.id/900/1/SRI%20MEKAWATI_080201096_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Rahman, U, 2009, Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini, Lentera Pendidikan, vol 12, no 1, hal 46-57.

Wong, Dona L,. 2008 , Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Ed , EGC, Jakarta, hal 109-118

Soetjiningsih. 2012. Seri psikologi perkembangan. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak akhir. Jakarta: Prenada




DOI: https://doi.org/10.37430/jen.v2i1.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JEN(JOURNAL EDUCATIONAL OF NURSING)



 

Journal Educational Of Nursing is Indexed By:

 

Lisensi Creative Commons

Journal Educational Of Nursing is distributed under a   Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Internasional.

View My Stats