Pengaruh Gaya Kepemimpinan Atasan Dan Kualitas Pelayanan Perawat T erhadap Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad

Teti Hayati

Abstract


Penelitian ini ditunjukkan untuk mendeskripsikan pengaruh gaya kepemimpinan atasan dan kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad, baik secara sendiri- sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini berlangsung 2 bulan mulai September sampai dengan Oktober 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, Responden penelitian adalah pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad.sebanyak 60 orang yang dipilih berdasarkan teknik acak. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menghimpun data variabel gaya kepemimpinan atasan dan kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien. Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda serta tehnik regresi yang terdiri dari regresi linier sederhana dan ganda. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menemukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad. Ini berarti makin tinggi gaya kepemimpinan atasan makin tinggi pula kepuasan pasien tersebut. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad. Ini berarti makin berkualitas pelayanan perawat akan makin tinggi kepuasan pasien tersebut. Demikian pula sebaliknya, makin kurang baik kualitas pelayanan perawat, makin rendah pula kepuasan pasien tersebut. Ketiga, terdapat pengaruh gaya kepemimpinan atasan dan kualitas pelayanan perawat secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad. Dengan demikian berarti bahwa makin tinggi gaya kepemimpinan dan makin baik kualitas pelayanan, makin tinggi pula kepuasan pasien tersebut. Sebaliknya makin rendah gaya kepemimpinan dan makin kurang baik kualitas pelayanan makin rendah pula kepuasan pasien tersebut.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Atasan, Kualitas Pelayanan Perawat, Kepuasan Pasien

Keywords


Gaya Kepemimpinan,Kualitas Pelayanan Perawat,Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Aditama (2012). Dasar-dasar Manajemen Kesehatan. Jakarta, Rineka Cipta.

Angel dan Blackwell, Miniard dalam As’ad Moh. (2012); Psikologi Sosial Untuk Perusahaan dan Industri, Jakarta. Rajawali.

Arikunto Suharmi (2010). Dasar- dasar Metodologi Penelitian Sosial, Gramedia. Bandung.

Buddy Ibrahim (2011;16).Perilaku Dalam Organisasi Terjemahan Mari Jumiati, Jakarta. Erlangga.

Budiastuti (2012). Dalam Hasan Hamid (2006). Manajemen Kesehatan, Jakarta. Karunika.

Charlez Z. Keating. Terjemahan AM Mangunhar Djana Pelayanan PT. Citra Aditya Bakti

Jakarta.

Cribbin,James.J (2012).Kepemimpinan Profesional Pendekatan Leadership Games, Yogyakarta, Gajahmada.

Fandy Tjiptono dan AnastasiaDiana (2011; 36).Mengelola Rumah Sakit Kiat Menuju Sukses di Abad 21. PT. Bumi Aksara.

Gasperz (2000; 12). C.J. Patricia Cain Smith dan Eugena F. Stone.2002. Job Satisfaction. How People Fell About Their Jobs and How it Affects their performance, New York, Maxwell Macmillian.

Gorden, Judith R (2012; 10) A.Diagnostic Approach to Organizatinal Behavior Boston, Allyn and Bacon.

Greenberg, Jeraki Terjemahan Sudiro (2012; 346). Manajemen Rumah Sakit F.K UI.

Junaidi (2010), Dasar-dasar Manajemen Sumber Daya Manusia, Binarupa Aksara, Jakarta.

Hando. T. Hani (2010; 295).Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara Jakarta.

Hersey Paul (2013; 33). Kunci Sukses Pemimpin Situational Terjemahan Budiono, Jakarta Delaprasta.

Indarjati (2013). Manajemen Personalia, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Kastono, Kartini (2010), Pemimpin dan Kepemimpinan, Yogyakarta, BPFE.

Koentjaraningarat, dikutip oleh Sorejo Soekanto (20012;38) Manajemen Kepemimpinan, Jakarta. Rajawali.

Mc. Farland, Dalam Tulisan Soewarno Handayaningrat (2010;

, Teori Organisasi, Struktur Desain dan Aplikasi Alih Bahasa Jusuf Udaya.

Moenir, A.S (2013; 232) Kepemimpinan Kerja Teknik dan Keberhasilannya. Jakarta : Bina Aksara.

Moison, Walter dan White Dalam Haryanti (2013). Organisasi dan Manajemen, Jakarta, Karunika.

Nawawi Handani (2013).Kepemimpinan Yang Efektif, Yogyakarta.

Pamudji (2013; 20) Manajemen Pemasaran, Jakarta.

Pramudya Sura (2012; 129) Statistik Penelitian, Sebab Akibat, Bandung Pustaka. Dari Quraisy.

Philip Kotler (2012; 261). Dasar- dasar Manajemen Pemasaran,Gramedia, Jakarta.

Prabowo (2011). Manajemen Rumah Sakit, Kiat Sukses Mengelola Rumah Sakit, Bina Aksara. Jakarta.

Siagian (2011; 7) Teknik Menumbuhkan dan Memelihara Perilaku Organisasi, Gunung Agung, Jakarta.

Siagian Sondang. P (2010; 26).Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Stoner seperti dikutip Purwanto(2012; 23). Manajemen. Jakarta,PT. Indeks Gramedia. Corp.

Supriyatna Tjahja (2012; 25). Apa dan Bagaimana Penerapan Change Management di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Administrasi dan Rumah Sakit. Indonesia, Vol. 2. No. 1 Januari.




DOI: https://doi.org/10.37430/jen.v1i1.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JOURNAL EDUCATIONAL OF NURSING(JEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Journal Educational Of Nursing is Indexed By:

 

Lisensi Creative Commons

Journal Educational Of Nursing Ciptaan disebarluaskan di bawah  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats